tentang saya

October 10, 2012

[Review Film] 700 Days of Battle: Us VS Police

saya lupa kapan terakhir kali nonton dorama. kalo nggak salah dulu waktu masih jaman GTO alias Great Teacher Onizuka. dan kemarin pas lagi selo, iseng-iseng buka koleksi film di laptop. eh, nemu film ini.

di dalam folder itu nggak ada poster film seperti gambar disamping. jadi waktu baca judulnya. .hmm, kayaknya keren nih. bayangin aja, 700 hari pertempuran melawan polisi. waah, pasti film action mampus ini.

gak usah dijelasin lagi lah ya, gimana kecelenya saya. ternyata ini iflm komedi. udah gitu premisnya sederhana banget, malah cenderung absurd, sekumpulan anak SMA yang punya misi balas dendam ngerjain seorang polisi lokal.

tapi siapa yang mengira, dari kesederhanaan premis itu, film ini bisa dibuat sangat menarik. ini yang bikin saya kagum dengan kreativitas sineas jepang. dari satu tema simpel, bisa dikemas dengan jalan cerita yang membuat kamu tidak mau beranjak dari tempat dimana kamu duduk.

belum lagi ditambah dengan tokoh-tokoh utamanya yang memiliki karakter absurd. ada saijo, siswa paling mesum se-sekolahan, tapi hatinya baik. trus lagi ada inoue, pintar tapi oedipus complex. mamachari, pemimpin gank sekaligus mastermind dari semua ide balas dendam. 

tokoh lain adalah jamie yang penampilannya seperti perempuan, takaaki dengan keluarga besar dan adik-adik yang masih kecil, namun tinggal di rumah yang sangat kecil. juga chiba, anggota gank yang paling gemuk. kalo karakter anggota gank berbadan gemuk ini kayaknya selalu ada ya di dorama jepang.

semua berawal saat saijo ditilang karena melanggar batas kecepatan maksimum. merasa tidak terima salah satu anggota ganknya diperlakukan tidak adil - karena pada saat itu saijo hanya mengendarai sepeda pancal - mamachari langsung mengibarkan bendera perang kepada polisi lokal yang menilang saijo. sejak saat itu, segala macam cara dilakukan untuk membalas dendam. kebanyakan ide-ide yang dilakukan untuk mempermalukan polisi. namun seringkali ide-ide tersebut malah berbalik seperti senjata makan tuan. klise banget ya. iya memang. tapi ide-ide seperti apa, itu yang bikin menarik. mulai dari menembaki mercon sampe menyelipkan novel-novel erotis ke tempat kerja polisi supaya dianggap polisi cabul.

konflik mulai muncul saat mamachari jatuh cinta pada seorang gadis yang ternyata adalah istri si polisi. ya sudah lah ya, bisa dibayangin sendiri keadaan dilematis yang dihadapi mamachari.

setiap misi balas dendam yang mamachari dan kawan-kawannya lakukan di sepanjang film, selalu berakhir dengan kegagalan. sampai pada misi terakhir mereka yang membutuhkan perencanaan matang. misi terakhir yang sangat besar hingga membutuhkan bantuan dari teman mereka yang lain. misi terakhir yang pada akhirnya berhasil mereka lakukan. sebuah misi terakhir yang mengharukan, sampai saya sedikit meneteskan air mata.

seperti apa misi terakhir mamachari dan kawan-kawan? sebaiknya kamu tonton saja sendiri, sekalian cari tahu kisah bagaimana dulu si polisi bertemu dengan istrinya yang ternyata memiliki masa lalu yang kelam, sampai si polisi pun diturunkan pangkatnya hanya menjadi polisi lokal.

700 Days of Battle: Us VS Police [7.5/10]

No comments:

Post a Comment