tentang saya

August 03, 2011

Konten Premium Sialan!!!

tadi malam waktu lagi baring-baring mau menuju pulau mimpi, tetiba si ege berbunyi. ada sms masuk rupanya. etapi koq ini sms dari 9296 ya. wah, pikiran saya udah mulai gak enak niyh. betul saja, begitu sms dibuka, saya kaget bukan main (emang gak lagi main apa-apa siy waktu itu.) itu sms isinya notifikasi pemotongan pulsa atas pembelian konten di wap. haaaahhhh. . .pembelian konten di wap,.?! konten apa,.?! wap apa,.?! *panik seperti udah ngantri cape-cape tapi keabisan pjp*


begitu kagetnya hilang, pelan-pelan saya mulai berpikir jernih. apa niyh yang harus saya lakukan. oke deh, pertama saya cek ni so-it-said konten wap uda motong pulsa saya berapa. begitu pencet *887# ketauan deh pulsa yang kepotong sebesar 3300 rupiah. set dah, untung aja gak banyak-banyak. tapi tetep aja masi emosi. *hosh hosh*


trus saya pikir-pikir lagi. . .hmm. . .wap. .wap. .wap. AHAA!! *muncul lampu di kepala* memang kemaren-kemaren (malang: winginane. red.) sempat mengakses portal wap telkomsel. dan di tampilan home nya itu ada feature download gratis qur'an mobile. ya karena ada tulisan gratis *dasar mental gratisan* iseng-iseng link itu saya klik, dan proses loading pun berjalan. namun sampe beberapa saat kemudian tak ada apa-apa yang terjadi, proses loadingnya pun saya hentikan dan browser saya tutup. hmm, apa iya gara-gara ngeklik link ini dianggap sudah membeli konten,.?! lagian kan tulisannya GRATIS. *tetep*


aah, daripada kepikiran terus lebih baik tanya saja langsung ke pihak operatornya. segera saya pencet 116 untuk berbicara dengan operator. karena masih sedikit emosi (untung sudah buka puasa), saya ngomong ke operatornya pake nada tinggi. ditambah lagi yang terima operator cowok, makin tinggi aja deh.
singkat kata singkat cerita, penyelesaian masalahnya tidak bisa lewat operator. harus datang langsung ke grapari. baiklah kalo begitu. malam itu langsung saya siapkan barang bukti berupa printscreen sms dari 9296, log transaksi terakhir, dan homepage dari wap portal telkomsel. printscreen yang dipake pada blogpost ini. oya, sebelum bener-bener tidur saya sempat buka twitter. kebetulan akun @simpati baru saja update tweet. ya udah, langsung saja saya reply tweet itu, ceritain apa yang baru saja saya alami dan rencana saya esok hari. saya mah cuek aja, gak pernah ditanggapi juga koq sama adminnya.

nah, hari ini sekitar jam 1 siang, saya meluncur ke grapari telkomsel malang di jalan bandung. begitu masuk pas mau ngambil nomor antrian, saya ditanya tujuan saya ke situ mau ngapain. saya bilang saja ada sms pemotongan pulsa. kemudian saya diarahkan ke bagian Quick Service. bukaaaannn. .bukan "quick service" yang itu. bagian quick service disini tu untuk melayani permintaan-permintaan yang bisa diselesaikan saat itu juga. misalnya aktifasi paket BIS dan paket TselFlash. aah, mesti kemana-mana deh pikirannya.

well. .well, saya gak tau nama petugas yang menerima saya di bagian QS. saya gak terlalu memperhatikan papan namanya, dia juga gak memperkenalkan diri. yang jelas orangnya tingginya, putih. .singkatnya mbois lah. *oke, mulai salah fokus*

sepertinya para petugas itu sudah diprogram untuk selalu mempunyai jawaban cepat atas masalah pelanggan. dan jika jawabannya disanggah pelanggan, mereka akan mencoba mencari "jawaban cepat" lainnya yang terasa lebih masuk akal. begitu seterusnya.

menurut mbak yang-tidak-bisa-disebutkan-namanya ini, pemotongan pulsa saya terjadi karena saya mengaktifkan facebook mobile. okeee, mulai disini saya mulai ngempet ketawa dalam hati. katanya karena saya mengaktifkan fitur facebook ini, gprs saya akan jalan terus. padahal kita tau (eh situ uda tau belum?) facebook mobile itu gak pake gprs. itu lowh, layanan sms 32665 yang memungkinkan kita update status facebook hanya dengan mengirim sms. nah, pake gprs darimana cobak. lha wong sekali kirim sms cuma makan pulsa 100 rupiah saja. tapi karena ini bulan puasa, saya gak mau terlalu frontal. saya iya-in aja apa kata dia. *lihat bedanya waktu saya berhadapan dengan operator COWOK diatas*
mbaknya menawarkan untuk mematikan layanan facebook mobile, saya terima. dengan sekali klik di komputernya, seketika itu juga ada sms notifikasi yang mengkonfirmasi bahwa saya sudah tidak menggunakan fitur facebook mobile. *wes a mbak, puas sampean.*
kemudian dengan tutur kata yang halus *tssaaaahhh* saya bilang ke mbaknya kalo saya juga ingin tau histori transaksi dari no simpati saya ini, supaya jelas pulsa 3300 itu kepotong untuk apa. karena di bagian QS gak bisa melayani permintaan saya, akhirnya saya diarahkan lagi ke bagian Customer Service, tapi harus ngambil nomor antrian terlebih dulu. jeng. .jeng. .saya dapet nomor antrian 3045. set dah, nomor antriannya udah kayak jumlah penonton sepakbola di stadion aja. bodo ah, yang penting di tiket itu ada tulisan masih ada 2 lg orang yang mengantri. jadi kayaknya gak bakal nunggu terlalu lama. (yah, lupa dipotret tuh tiket antriannya.)

sambil duduk menunggu giliran, saya liat sekeliling. hmm, keren juga nih grapari malang. di dinding sebelah utara ada sebuah tv LCD dengan inch yang gede banget, menampilkan informasi nomor antrian yang sedang dilayani dan ada tayangan hiburannya juga biar pelanggan yang lagi nunggu gak bosan. yang disetel saat itu channel V singapura, saluran sejenis MTV gitulah. isinya musik-musik thok. dari tayangan itu juga saya jadi tau eminem sekarang berkolaborasi dengan gak tau siapa, membentuk duo yg namanya bad meets evil. keren.
kemudian ada juga bagian store nya. isinya jualan produk-produk yang bundling dengan telkomsel. mulai modem, blackberry, sampe iPhone. tapi yang paling menarik baru saja akan tiba. *but the most interesting is about to come* *lebih keren pake enggres ya*

di salah satu meja Customer Service, ada seorang wanita yang sepertinya sedang komplain juga. menariknya apa, biasa aja kan,.?! KOMPLAIN PAKE BAHASA CINA!!! hahaaa, iya benar, pake bahasa mandarin. kadang-kadang dicampur juga dengan bahasa inggris. untung saja wanita itu datang bersama temannya yang bisa jadi penterjemah. wanita itu sepertinya tidak puas atas penjelasan petugas grapari. terdengar dari ocehan mandarinnya yang cepat dan tinggi. kamu sudah pernah nonton kung fu hustle kan? ingat adegan saat stephen chow disuruh bos geng kapak untuk memukul kepala si penjahat yang menguasai jurus kodok? si stephen chow dan bos geng kapak kan sempat adu mulut dulu kan. nah, seperti itulah cara bicara wanita yang komplain tersebut. lucu pokoknya mah. :DD

tidak berapa lama kemudian, nomor antrian saya dipanggil. saya langsung menuju ke counter CS nomor dua dan diterima dengan ramah oleh mbak mirna. saya ceritakan masalah saya dengan lebih detail. saya tunjukkan semua printscreen yang telah saya buat sebelumnya. saya jelaskan juga, dilihat dari jumlah pulsa terpotong yang khas, sepertinya ini layanan premium. saya tegaskan saya tidak pernah mendaftar untuk mendapatkan layanan premium.

jawaban pertama mbak mirna semakin meyakinkan saya kalo semua petugas sudah diprogram untuk memiliki jawaban cepat. kata mbak mirna bisa jadi ada orang lain yang tau nomor saya, dan mendaftarkan nomor saya itu tanpa sepengetahuan saya. ehmm. . .okey. jadi menurut mbak mirna solusinya adalah menghentikan layanan tersebut. lagi-lagi karena puasa, saya iya-in aja apa kata mbak mirna. caranya ketik OFF trus kirim ke nomor pengirim (9296). ini juga sekaligus informasi tambahan buat temen-temen yang merasa terjebak ataupun pernah dengan rela mendaftar untuk layanan premium. cara UNREG ternyata tidak selalu berhasil. cara OFF ini diklaim lebih efektif untuk menghentikan layanan premium.

saya masih belum puas. karena sebenarnya saya ke grapari itu ingin memastikan dua hal. pulsa 3300 itu untuk pembelian apa, karena saya merasa tidak pernah membeli apapun. kalopun saya memang terjebak, toh saya gak dapet konten apa-apa yang terkirim/terdownload/terinstall di hp saya. nah low, ngenes ya. udah kejebak, tapi gak dapat apa-apa. yang kedua saya minta kepastian kejadian ini gak akan terulang lagi lain waktu. bukan masalah 3300 nya, tapi pulsa itu diambil tanpa sepengetahuan dan seijin saya.

akhirnya mbak mirna pun memahami kemauan saya. dibuatlah semacam formulir pengaduan. isinya mulai data diri sampai kronologis kejadian yang saya alami. mbak mirna berjanji akan segera memprosesnya. dan jika perlu akan ada refund. *ya elah mbak, balik lagi, bukan masalah 3300 nya. tapi dua hal itu low* kata mbak mirna proses ini akan memakan waktu 3 sampe 7 hari kerja.

oya, waktu saya cerita tentang iseng-iseng ngeklik link donwload gratis qur'an mobile, mbak mirna memastikan bukan itu penyebabnya. karena menurut mbak mirna qur'an mobile itu tarifnya 1100, bukan 3300. nah low, kalo ada tarif berarti sebenarnya gak gratis donk. hayoloooo. .gimana itu telkomsel,.?!

puas dengan pelayanan mbak mirna. . .eh maksudnya SOLUSI yang diberikan mbak mirna, saya pun memutuskan pulang. dan waktu saya beranjak dari kursi menuju pintu keluar, itu si wanita berbahasa mandarin masih belum selesai komplainnya. yang makin bikin lucu, sekarang petugasnya nambah jadi dua. hahaaa, kayanya satu petugas gak ngatasi, jadi doi manggil temennya. kasian juga liat 2 petugas cowok itu, mondar-mandir sambil terus dengerin ocehan khas film-film kungfu. :DDDDDD


Epilog: ngomong-ngomong masalah layanan premium memang tiada habisnya. selalu saja ada masalah. yang lebih mengeherankan, koq ada orang yang mau-maunya mendaftar untuk mendapat layanan premium. sebegitu kurangkah wawasan mereka,.?! tidakkah mereka tau sms-sms ramalan, ataupun sms-sms yang katanya langsung dari seorang artis itu dijalankan oeleh sebuah system,.?! lebih bodoh lagi mereka yang mendaftar untuk mendapatkan ringtone atau game gratis. belum taukah ada teknologi yang namanya transfer file,.?! tinggal download lagu/suara yang mo dijadikan ringtone, trus pindahkan ke hp lewat fasilitas bluetooth. it's that simple. atau kalo mau game, noh banyak banget game hp yang tersedia di kaskus ataupun indowebster. after all, bukan nyalahin penyedia layanan premium. mereka kan juga cari makan. tapi kadang cara-cara menjebaknya itu yang sering bikin sebel. sampe-sampe bikin saya teriak. . .konten premium sialan!

Update 5 Agustus 2011 20.05 WIB : masalah ini telah terselesaikan dengan baik. baca cerita selengkapnya.

5 comments:

  1. Whuahahahaha..kapok Mas'e..apik..apik..Mas..

    ReplyDelete
  2. Mas, saya juga dapat kiriman sms dari 9296. Katanya "Pulsa Anda tdk mencukupi u/ menerima layanan AYOMOBILE Konten dr shortcode 9296 sebesar Rp.0/sms. Silahkan isi ulang. Utk dptkan konten XL *123*5#"

    gimana yah caranya supaya berhenti dpt sms itu, menghentikan layanan AYOMOBILE, dan mengembalikan pulsa XL yg tersedot.

    Plis plis plis, di balas yah! trims

    ReplyDelete
  3. oya mas, balas via email saya saja yah. hehehe, trims

    ReplyDelete
  4. sama mas saya juga ngalamin seperti diatas..gimana cara nanggulanginnya..dah mulai bete ma smsnya ni

    ReplyDelete
  5. Pulsa Anda tdk mencukupi u/ menerima layanan AYOMOBILE Konten dr shortcode 9296 sebesar Rp.0/sms. Silahkan Isi ulang.Utk dptkan konten XL *123*5#

    ReplyDelete